Cara Preventif/ Pencegahan Untuk Menghindari Flu Burung

Flu burung adalah jenis penyakit menular berbahaya dari binatang yang terkena infeksi virus H5N1, merupakan jenis influenza yang sampai saat ini belum diketemukan obatnya. Cara penyebaran yang relatif mudah menjadi penyakit ini cepat menjadi pendemik di suatu wilayah.

Wabah flu burung bisa menyebabkan kematian unggas secara mendadak dan menyebar dengan cepat pada manusia. Terlebih lagi jika tidak segera di tangani maka bisa saja menyebabkan kematian. Oleh karenanya, tindakan pencegahan lebih baik dilakukan sebelum penyakit tersebut benar-benar menjangkit. Berikut ini cara preventif atau pencegahan untuk menghindari flu burung:

Pertama, hindari menyentuh burung maupun unggas serta kotorannya. Kotoran-kotoran burung dan unggas hidup yang terinfeksi dapat membawa virus. Jika Anda telah memegang burung dan unggas ataupun terkena kotorannya, segeralah mencuci kedua tangan dengan sabun cair dan bilas bersih dengan air.

Kedua, Sebelum mengkonsumsi daging dan telur unggas atau burung, cuci bersih dan mask dengan benar terlebih dahulu. Untuk daging ayam misalnya, masak pada suhu 80 derajat dalam satu menit. Sedangkan untuk telur ayam, panaskan pada suhu 64 derajat slama lima menit. Ya, virus H5N1 akan mati pada suhu yang tinggi.

Ketiga, lakukan diet seimbang, olahraga teratur, istirahat cukup, hindari stres dan tidak mer0k0k. Hal tersebut perlu dilakukan agar tubuh memiliki pertahanan yang baik sehingga tidak mudah terserang influenza.

Keempat, jika Anda mempunyai gejala flu, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk memastikan jenis flunya. Seseorang yang terkena flu harus banyak istirahat dengan tidur cukup dan banyak minum untuk kembali memulihkan tubuhnya. Pastikan tubuh Anda fit kembali.

Kelima, flu menular melalui batuk dan bersin, bila Anda terkena flu baiknya hindari berada ditempat dimana banyak orang berkumpul. Tutup hidung juga mulut ketika bersin atau batuk dengan sapu tangan atau tisu. Dan pastikan untuk membuang tisu kedalam tempat sampah untuk menghindari penyebaran penyakit.

Keenam, untuk menghindari penyebaran penyakit, saat flu gunakan masker untuk menutup hidung dan mulut.

Ketujuh, jaga selalu kebersihan diri dan lingkungan dengan baik. Biasakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun cair, terutama sebelum makan, memegang hidung, mulut dan mata.

Kedelapan, jika ingin memelihara atau beternak unggas, usahakan untuk membuat kandang yang agak jauh dari pemukiman. Bersaihkan secara rutin kandang tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus, terutama dari unggas-unggas liar.

Jika Anda bepergian keluar negeri, sekembalinya dari negara yang dilaporkan terkena wabah, jika Anda mengalami gejala demam dan pernapasan, segera konsultasikan ke dokter dan ceritakan perjalanan Anda di sana agar dokter dapat mengidentifikasi penyakit tersebut. (Di sarikan dari Suara Merdeka, Minggu, 30-12-2012)


Category Article ,

What's on Your Mind...