Listrik | Pengertian Arus Listrik

Listrik, tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, karena memang sudah sebagian besar wilayah di Indonesia teraliri listrik. Listrik sendiri mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia, misalkan saja sebagai penerangan, untuk keperluan tenaga listrik (alat elektronik), dan masih banyak manfaat listrik yang lainnya.

Arus Listrik
Arus listrik adalah muatan listrik dari sumber listrik yang mengalir melalui penghantar. Arus listrik mengalir dari tempat yang bermuatan banyak (kutub positif) ketempat yang bermuatan sedikit (kutub negatif).

Arus listrik dapat mengalir dari melalui suatu penghantar yang berasal dari bahan-nahan tertentu saja, misalnya: perak, tembaga, besi, baja, dan timah. Konduktor (penghantar) adalah benda yang dapat atau mudah untuk menghantarkan arus listrik. Isolator adalah benda yang tidak dapat menghantarkan arus listrik, misal: plastik, kaca, karet, kayu kering.

Untuk menyatakan besar kecilnya arus listrik menggunakan satuan ampere, sedangkan alat untuk mengukur besarnya arus listrik adalah amperemeter. Arus listrik mempunyai tenaga yang disebut dengan tegangan listrik, besar kecilnya tegangan listrik dinyatakan dalam bentuk satuan volt, sedangkan alat yang digunakan untuk mengukur besarnya tegangan listrik adalah voltmeter.

0 Comments:

Post a Comment