Aliran Listrik | Jenis-Jenis Rangkaian

Pada posting sebelumnya sudah saya tuliskan sedikit mengenai listrik dan juga pengertian arus listrik. Sekarang akan saya tuliskan mengenai aliran listrik dan juga jenis-jenis rangkaiannya.

Aliran listrik dapat dihubungkan melalui beberapa macam bentuk rangkaian, karena bentuk rangkaian sangat berpengaruh terhadap kuatnya arus listrik. Nah, berikut ini jenis-jenis rangkaian tersebut dan sedikit uraian yang saya sarikan dari berbagai sumber:

1. Rangkaian Seri
Adalah suatu rangkaian listrik di mana input suatu komponen berasal dari output komponen lainnya. Kelebihan menggunakan rangkaian seri salah satunya adalah menghemat biaya, karena hanya menggunakan sedikit kabel penghubung. Sedangkan kekuarangan atau kelemahan dari rangkaian seri adalah jika salah satu komponen dicabut atau rusak, maka komponen yang lain tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

2. Rangkaian Paralel
Adalah suatu rangkaian listrik, di mana semua input komponen berasal dari sumber yang sama. Semua komponen satu sama lain tersusun paralel. Kelebihan dari susunan paralel adalah jika salah satu komponen dicabut atau rusak, maka komponen yang lain tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Sedangkan salah satu kelemahan menggunakan rangkaian paralel adalah biaya yang dibutuhkan lebih mahal karena membutuhkan kabel penghubung yang lebih banyak.
3. Rangkaian Campuran
Rangkaian listrik campuran (seri-paralel) merupakan rangkaian listrik gabungan dari rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel.
Nah, demikian sedikit mengenai aliran listrik dan juga jenis-jenis rangkaiannya, bila Anda merasa kurang lengkap, mungkin bisa Anda cari referensi tambahan lainnya. Semoga bermanfaat.


Category Article ,

What's on Your Mind...