Mengobati Diare (Mencret) Dengan Daun Jambu Biji

Ini adalah cerita tentang pengalaman saya waktu kecil dulu, ketika itu saya pernah dengar kalau daun jambu biji katanya bisa untuk mengobati sakit diare (mencret). Mungkin ini adalah ilmu tradisional dan turun temurun dari nenek buyut dulu, dan waktu dulu memang saya belum tahu benar serta masih minim referensi. Ketika sedang diare, saya ambil daun jambu biji yang masih muda, lalu saya bersihkan, tak pakai metode meracik dan tanpa campuran bahan lain, tapi langsung saja saya kunyah dan telan. Rasanya antara sepat dan pahit jadi satu (ini menurut lidah saya lho he.he..). Untuk menyamarkan rasa getir/sepat dan pahit, mungkin bisa diberi campuran garam secukupnya.

Itu hanya sedikit cerita tentang pengalaman saya dengan diare dan daun jambu biji, sampai sekarang, kalau misalnya tidak sedia obat dari toko, terkadang saya masih melakukan hal ini. Ternyata, daun jambu biji mempunyai banyak manfaat atau khasiat bagi kesehatan, bukan hanya pengobatan sakit diare saja. Dari beritanya, ekstrak daun dan batang jambu biji memiliki khasiat terhadap kanker, infeksi bakteri, inflamasi, dan nyeri. Bisa juga untuk sakit diabetes karena mampu membantu menurunkan kadar gula darah.

Untuk cara mengolah atau meracik daun jambu biji sebelum dikonsumsi untuk pengobatan, Anda bisa mencari referensinya di google. Itu diantaranya, barangkali Anda punya pengalaman atau menambahkan manfaat dan khasiat daun jambu biji yang lainnya?.

0 Comments:

Post a Comment